Home » » Jenis Batik Menurut Motifnya

Jenis Batik Menurut Motifnya

jenis batik menurut motif
Sobat Media – Setelah kita mengenal batik menurut cara pembuatannya kali ini kita akan membahas mengenai jenis batik menurut motifnya.

Pada kenyataannya jenis motif bati yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Pulau Jawa merupakan salah satu penghasil batik terpopuler di Indonesia.

Setiap motif batik memiliki ciri tersendiri dan merupakan bagian yang unik, yang tidak dimiliki oleh motif batik yang lain.

Untuk mengelompokkan batik menurut motifnya diantaranya sebagai berikut

BATIK KERATON

jenis batik menurut motif
Motif batik ini biasanya dibuat oleh orang-orang dilingkungan keratin, dan memiliki arti dan simbol-simbol kehidupan dan merupakan mengandung filosofi yang tinggi serta sacral.

Hal ini menjadikan batik keraton biasanya hanya dipakai oleh kalangan tertentu dari keluarga keraton itu sendiri

Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak termasuk Batik Udan Liris, dan beberapa motif lainnya.

BATIK KAWUNG


jenis batik menurut motif
Secara sepintas batik ini sangat cocok dengan namanya yaitu batik kawung. Kawung atau aren yang bijinya kecil-kecil atau biasa juga disebut kolang-kaling sangat 
Nampak pada motif batik ini. Meskipun pada kenyataannya banyak jenis batik kawung yang ada.

Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu.
Kawung Picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil. Picis adalah mata uang senilai sepuluh sen yang bentuknya kecil.

Kawung Bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yang lebih besar daripada kawung Picis. 
Hal ini sesuai dengan nama bribil, mata uang yang bentuknya lebih besar daripada picis dan bernilai setengah sen.
Kawung yang bentuknya bulat-lonjong lebih besar daripada Kawung Bribil disebut Kawung Sen.

BATIK SEKAR JAGAD

Sesuai dengan namanya sekar jaga atau bunga dunia, motif batik ini melambangkan kecantikan atau keindahan, setiap mata yang memandang merasa terpesona dengan keindahan batik ini.

Motif ini adalah salah satu motif yang sangat khas di Indonesia.

Batik jenis ini berasal dari Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta

Ada juga yang menafsirkan bahwa motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini maksudnya adalah sesuai namanya, yaitu sekar jagad. Dalam bahasa Jawa, “kar jagad” memiliki arti peta dunia

BATIK CUWIRI

jenis batik menurut motif
Batik cuwiri terbuat dari bahan pewarna alami dari kulit tumbuh-tumbuhan yang disebut soga alam.
Kata cuwiri berarti kecil-kecil, menggambarkan motif batik yang memang berukuran kecil dan detail.
Biasanya batik ini digunakan untuk semekan dan kemben. Filosofi lain dari batik cuwiri ini adalah harapan yang tinggi bagi pemakai batik ini meskipun orang kecil tapi cukup pantas untuk disegani dan dihormati.
Batik cuwiri biasa juga dipakai pada acara-acara adat masyarakat Jawa. Meskipun bisa dipakai untuk keseharian tapi motif ini tidak akan hilang unsur sakralnya bagi orang yang paham tetang batik.

BATIK SUDAGARAN

jenis batik menurut motif
Aneka motif batik yang awalnya hanya diperuntukkan bagi kalangan keraton akhirnya mulai diadopsi oleh para saudagar dan seniman jalanan. Sehingga motif batik yang sudah divariasikan tersebut bisa digunakan oleh masyarakat.

Kreativitas para seniman dalam menambahkan aksen-aksen pada batik keraton mampu menciptakan motif baru yang sangat indah. 

Penggunaan aneka ornamen seperti gambar binatang dan suasana alam pun menjadi lebih bebas dan menarik.

Jenis batik ini sangat popular dikalangan para pengusaha karena identic dengan namanya yaitu batik sudagaran, atau dalam arti singkatnya batik untuk para pedagang atau pengusaha.

BATIK PRINGGONDANI

jenis batik menurut motif
Layaknya satria pringgondani yaitu Gatotkaca, jenis batik ini pada awalnya diperuntukkan untuk para ksatria atau para pejabat.

Filosofi yang terkandung merupakan simbol dari kewibawaan dan kegagahan. 

Selama tidak melanggar norma-norma kehidupan maka pemngguna batik ini sangat layak untuk dihormati.



Sobat media, sebenarnya masih banyak jenis batik menurut motifnya, tapi kita kita bahas hanya sebagian saja. Untuk jenis yang lainnya akan kita lanjutkan dilain kesempatan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger