Home » , » Mengenal Berbagai Jenis Sumur

Mengenal Berbagai Jenis Sumur

mengenal berbagai jenis sumur
Sobat Media – Air merupakan sumber kehidupan didunia. Tanpa air mahluk hidup akan sengsara dan bahkan mati. Dengan adanya air kita bisa menerapkan pola hidup sehat dan bisa mencegah berbagai penyakit.

Oleh karena itu banyak yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan air bersih. Dari mulai membuat sumur sampai mengambil air dari sumber yang sangat jauh.

Hal yang paling lumrah dilakukan adalah membuat sumur dengan harapan bisa menemukan sumber air bawah tanah.

Jika kita bertujuan membuat sebuah sumur maka sebaiknya tentukan jenis sumur yang akan kita buat. Dan juga perlu mempertimbangkan hasil yang akan didapat.

Lakuan pendeteksian mata air bawah tanah seperti pada artikel yang telah saya buat sebelumnya.
Agar tidak salah dalam menentukan pilihan kita harus paham jenis sumur yang biasa dibuat

Sumur Gali

Dibuat dengan cara digali dengan diameter antara 80 cm sampai 120 cm menggunakan alat yang sederhana seperti cangkul dan linggis atau bahkan pahat, kapasitas yang didapat terkadang sangat memuaskan walaupun hanya dengan galian yang tidak terlalu dalam.

Sumur gali biasanya dibuat di daerah yang tidak terlalu kesulitan air, karena kemampuan tukang gali terbatas. Maksimal kedalaman sumur gali berkisar hanya sampai 20 meter.

Dibeberapa tempat tukang gali sumur jarang ada yang berani melakukan penggalian dsetelah mencapai kedalaman 15 meter. Mereka mengkhawatirkan akan adanya gas beracun yang keluar dali dalam tanah dan bisa menyebabkan kematian.

Sumur Bor

Kedalaman bisa mencapai 100 meter atau tergantung kondisi mata air yang didapatkan. Sumur bor merupakan salah satu teknik pembuatan sumur yang modern ketimbang sumur gali.

Dalam melakukan pengeboran terkadang dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia, tapi tidak sedikit yang sudah menggunakan tenaga mesin.
Ketika melakukan pengeboran sebaiknya dibarengi dengan pemasangan casing pengaman agar dinding sumur tidak longsor dan menutupi lubang sumur. 

Ukuran diameter biasanya antara 1,5 – 3 inci dan kedalaman bisa mencapai 100 meter atau lebih.
Pemanfaatan air dari sumur bor biasanya dilakukan dengan cara dipompa baik menggunakan pompa hisap maupun pompa submersible.

Sumur resapan

Salah satu sumur dangkal yang biasanya dibuat di daerah yang sudah ada sumber air tapi masih belum layak pakai. Seperti di dekat aliran sungai atau di daerah yang curah hujan cukup tinggi.

Sumur resapan bisa dibuat dengan jarak beberapa meter dari pinggir sungai dan air sungai diharapkan bisa masuk kedalam sumur setelah disaring oleh tanah. Dalam hal ini dinding sumur berguna sebagai filter agar air bisa layak untuk digunakan.

Sumur artesis

Sumur jenis ini merupakan sumur dengan kategori modern, dan tergolong dalam kategori sumur bor, tapi sudah menggunakan alat yang canggih dalam proses pembuatannya.

Kedalaman yang dicapai bisa mencapai 300 meter. Yang bertujuan untuk mencapai lapisan air tanah di kedalaman tertentu.

Jika sudah berhasil mencapai lapisan air dalam tanah maka kita tidak lagi menggunakan pompa untuk bisa memanfaatkan air. Dengan sendirinya air akan mengalir ke permukaan tanah.

Hal yang harus kita lakukan adalah memasang casing pengaman agar tidak terjadi longsoran dinding sumur dan menyumbat aliran air.

Oke sobat itulah beberapa jenis sumur dan cara pembuatannya yang saya ketahui, mungkin di daerah lain ada jenis sumur yang biasa dibuat dengan metode tertentu.

Semoga bisa bermanfaat, sampai jumpa dilain kesempatan
Share this article :

+ comments + 2 comments

January 10, 2021 at 9:52 PM

test

January 11, 2021 at 12:56 AM

Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger