Home » » Cara Mencari Mata Air Bawah Tanah

Cara Mencari Mata Air Bawah Tanah

cara mencari mata air bawah tanah
Sobat Media – Musim kemarau yang berkepanjangan terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Karena pada masa tersebut banyak daerah yang kesulitan air.

Banyak orang berusaha mendapatkan air, dari mulain melakukan pengeboran atau bahkan membuat sumur gali secara sederhana.

Tapi yang jadi masalah adalah tidak semua tempat terdapat sumber air yang berada dibawah tanah. Jadi meskipun kita menggali sumur sampai dalam jika tidak mendapat sumber air maka hasilnya adalah nihil.

Untuk itu bagi anda yang akan membuat sumur gali ataupun sumur bor sebaiknya kita mempersiapkan tempat yang benar-benar ada mata air bawah tanahnya. Yang jadi masalah adalah mata air bawah tanah tidak terlihat dengan mata telanjang.

Untuk mengatasi hal tersebut banyak cara untuk mengetahui letak mata air bawah tanah, dari mulai melakukan test geolistrik sampai dengan teknik dowsing sederhana.

Sobat media kali ini kita akan membahas mengenai cara mencari mata air bawah tanah dengan metode DOWSING. Dowsing berasal dari kata kerja to dowse, yang merupakan hasil turunan dari kata dalam bahasa Jerman kuno deutzen; berarti to locate atau to find. Jadi, artinya mencari atau menemukan. Istilah ini dipergunakan di Amerika dan Inggris. Sementara istilah lain yang juga banyak dipakai adalah radiesthesia, yang populer di Perancis.

Teknik ini sangat popular dikalangan para pembuat sumur, untuk menentukan letak penggalian. Sebelum melakukan dowsing sebaiknya kita mempersiapkan bebrapa hal
    
      
cara mencari mata air bawah tanah
Siapkan Alat
Alat untuk dowsing bisa kita beli yang sudah jadi atau kita membuat sendiri, dengan menggunakan ranting kayu atau menggunakan batang logam
Untuk membuat alat dowsing dengan menggunakan logam akan lebih mudah karena bahan yang diperlukan banyak tersedia. Bisa menggunakan inti kabel tembaga atau menggunakan kaitan baju yang dari bahan kawat ( tidak harus tembaga )
               

Potong kawat dengan panjang sekitar 50 cm lalu tekuk kisaran 15 cm sehingga membentuk huruf L. Buatlah ua batang dengan ukuran dan bentuk yang sama.
Sediakan dua buah bekas cangkang ballpoin untuk bahan pegangan, atau bisa menggukanan bekas sedotan. Masukkan bagian yang pendek ke batang sedotan atau batang cangkang ballpoint.
       
    Siapkan lahan
cara mencari mata air bawah tanah
Carilah lahan yang terbuka karena walaupun kita mendapatkan sinyal air tapi kalau lokasi di dalam rumah kan cukup sulit membuat sumur.
Setelah kita mempersiapkan semuanya, maka tahap selanjutnya kita melakukan proses dowsing dengan memegang tangkai pendek yang sudah disambung dengan sedotan atau bekas bollpoint, dan bagian panjang terjulur ke depan.
cara mencari mata air bawah tanah
Setelah itu kita berjalan mencari lokasi sumber air yang kita harapkan dengan bertelanjang kaki, jika dibawah tanah terdapat sumber air maka ujung alat akan bergerak menyilang dan situlah letak sumber air bawah tanah yang kita harapkan.

Sobat Media, itulah cara sederhana mencari sumber air bawah tanah sebelum melakukan penggalian sumur.

Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.
Share this article :

+ comments + 14 comments

Anonymous
April 14, 2019 at 2:01 AM

Beneran ga sih

July 18, 2019 at 2:32 AM

Mantap jiwa
Terima kasih boskuh
Terus berkarya

July 26, 2019 at 6:49 PM

Makasih atas motifasinya boss

July 26, 2019 at 6:50 PM

Coba aja boss, tapi jaman sekarang ada metode yang lebih modern yaitu geolistrik

July 28, 2019 at 1:23 AM

Mantap atas keterangannya kami akan mencobanya.

August 5, 2019 at 7:19 PM

Saya udah pernah coba boss, yang sering terjadi masalah adalah ketika gerak batang alat dengan gagang pegangan kurang lancar, usahakan gerakan putat pada alat dipastikan lancar

September 29, 2019 at 11:46 PM

Benar bangaat sudah uji coba sejak 20 tahun yang lalu , nah untuk sobatku yang masih bingung nggak usah ragu ,karena dengannsystemnini sangat tepat pendeteksiannya , 5 tahun yang lalu tetanggaku kekeringan sumurnya dan bingung ,akhirnya saya Carikan sumber airnya dengan Alat deteksi sederhana Alhasil hingga saat ini kemarau sudah beberapa bulan ternyata air dusumurnya masih tetap ada dari Sumur 7 bes saat ini airnya masih 3 bes , Mantapkaaan😁😁😁

October 5, 2019 at 7:04 PM

@Jhony Gunawan
pada saat kemarau adalah waktu yang tepat untuk mencari sumber air, karena yang akan terdeteksi adalah mutlak sumber air bawah tanah.
karena kalau saat musim hujan gak dicaripun air banyak
makasih dah berbagi pengalaman bosskuh.....

Anonymous
October 29, 2019 at 10:53 PM

cara kita agar tau klo ditempat itu terdapat sumber mata air gimama om? dengan alat itu

Anonymous
October 29, 2019 at 10:56 PM

kelemahan alat ini yaitu kita tidak tau kedalaman sumber mata air

July 19, 2020 at 5:39 AM

Iya boss, sebaiknya memang harus musim kemarau soalnya kalau musim hujan kan banyak air ��

July 19, 2020 at 5:40 AM

Setuju

March 2, 2022 at 9:52 AM

Pakai kelapa juga bisa

Anonymous
April 30, 2022 at 6:38 PM

Ini mah murah meriah, biaya geolistrik bisa beli beras satu truk

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger