Home » » Batik Berdasarkan Teknik Pembuatan

Batik Berdasarkan Teknik Pembuatan

teknik pembuatan batik
Sobat Media – Kain batik begitu popular dikalangan masyarakan Indonesia. Batik merupakan kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia, terbukti dengan pasar kain batik tidak hanya tembus dipasaran local tapi juga banyak tersedia di pasaran internasional. Sudah banyak produsen kain batik yang mengekspor produknya ke berbagai Negara di belahan dunia.

Pada dasarnya masyarakat hanya mengenal istilak bati itu sendiri dan mereka tidak banyak tahu jenis batik yang sangat beragam dari mulai jenis batik berdasarkan teknik pembuatan, jenis batik berdasarkan motif dan jeins batik berdasarkan daerah asal.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya.
Kain batik dengan berbagai motif dan daerah asalnya tidak lepas dari teknik pembuatan yang beragam dari mulai dengan cara pembuatan tradisional dengan kapasitas yang terbatas jumlahnya serta dengan harga yang tinggi, sampai pembuatan dengan teknologi modern dengan kapasitas jumlah yang dihasilkan dengan jumlah banyak dan dengan harga yang cukup terjangkau.

Melalui teknik pembuatannya sangat mempengaruhi harga jualnya, biasanya pembuatan batik dengan teknik tradisional akan sedikit lebih tinggi dari batik pabrikan.

Jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya terdiri dari tiga jenis yaitu

BATIK TULIS

teknik pembuatan batik
Batik tulis merupakan jenis batik yang pertama kali ada di Indonesia. Teknik pembuatan batik tulis memang memakan waktu lama dibandingkan teknik lainnya. Bahkan ada motif batik yang pengerjaannya sampai berbulan-bulan.
Proses pembuatan batik yang satu ini membutuhkan perlengkapan berupa canting (alat khusus membatik), lilin cair, dan tungku pemanas

Proses pembuatan batik tulis dengan menggunakan bahan lilin cair yang berkualitas tinggi akan menghasilkan cetakan batik yang bagus dan Nampak jelas di kedua sisi kain.

Karena melalui proses dengan kesulitan yang cukup tinggi, batik tulis biasanya dipatok dengan harga yang cukup tinggi. Tapi bagi para pecinta batik tentu saja tidak terpengaruh karena dengan biaya yang dikeluarkan akan sebaning dengan kualitas yang dudapatkan.

Bahan kain yang digunakan untuk jenis batik tulis adalah kain katun atau kain kapas, kain mori dan kain sutera.

BATIK CETAK / BATIK CAP

teknik pembuatan batik
Proses pembuatan bati cap tidak sesulit pembuatan batik tulis karena tidak ditulis garis demi garis tapi hanya cap dengan berbagai motif yang berbeda di cetakkan pada bahan dasar kain dengan teknik cetakan yang bersambung. 

Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan batik cap antara lain kain polos, alat cap, lilin cair, dan pemanas.

Setiap alat cap memiliki pola yang akan membentuk motif khusus. Sehingga pengerjaan batik cap akan menghasilkan pola tertentu yang sifatnya berulang. 
Pola motif pada batik cap lebih renggang dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan batik tulis. Jenis kain yang kerap digunakan untuk membuat batik cap antara lain kain mori dan kain sutra.

Meskipun pembuatan masih secara manual tapi batik cap harganya sudah dibawah batik tulis karena tingkat kesulitan pebuatannya pun sudah cukup mudah dan bisa menghasilkan dengan jumlah banyak

BATIK PRINTING / PABRIKAN

teknik pembuatan batik
Dari jenis bati pendahulunya jenis batik printing merupakan batik dengan harga yang sangat terjangkau. Pembuatannya dengan menggunakan mesin dan bisa menghasilkan dengan jumlah yang sangat banyak.

Batik printing kualitasnya tergantung dari jenis bahan dan tinta yang digunakan. Dengan kualitas tinta yang rendah akan menghasilkan cetakan yang tidak sempurna meskipun dibuat pada kain yang kualitas bagus.

Kendati harganya relatif murah, motif batik printing biasanya lebih detail karena hanya mencontoh motif-motif batik yang sudah ada

Sobat Media, selain dari teknik pembuatannya kualitas batik tidak terlepas dari bahan kain yang digunakan. Semakin baik bahan kain yang digunakan maka akan semakin mahal harga jualnya

Sekian yang bisa disampaikan, sampai jumpa dilain keempatan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger