Home » » Mengenal Awal Keberadaan Keris

Mengenal Awal Keberadaan Keris

awal keberadaan keris
Sobat Media – Pada awal mula keberadaannya keris merupakan sebuah senjata tradisional yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun pada kenyataannya ada banyak juga keris yang berasal dari daerah lain seperti Jawa Barat dan luar jawa sekalipun.

Selain sebagai senjata tradisional, keris merupakan symbol kebanggaan dan derajat dari sang pemiliknya.

Bisa dilihat dari jenis bahan dan penampilannya sudah bisa tergambarkan seperti apa tingkatan sosial dari pemiliknya.

Keris yang dimiliki oleh orang kalangan sosial menengah ke bawah biasanya dibuat dengan tampilan yang sederhana, tapi bagi masyarakat kalangan menengah ke atas atau para bangsawan akan tampak penampilan keris yang mewah bertahtakan emas dan berlian atau bahannya juga terbuat dari bahan pilihan.

Keris adalah sebuah benda yang menjadi kebanggaan masyarakat jaman dulu dan pada umumnya menjadi keharusan untuk dimiliki oleh para pejabat, baik raja, keluarga kerajaan atau bangsawan, orang-orang kaya, para senopati. Dan dikalangan masyarakat biasapun banyak kaum laki-laki yang memiliki keris terutama bagi mereka yang memiliki ilmu bela diri dan orang-orang yang memiliki dan memahami ilmu spiritual kejawen.

Selain dari unsur kebanggaan dan menggambarkan derajat sosial pemiliknya, keris memiliki hal-hal lain yang menarik minat pemiliknya. Ada banyak keris yang dimiliki bukan diperuntukan sebagai senjata, tapi yang diharapkan adalah tuahnya atau kegunaan dalam sisi spiritual atau daya magis yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak keris yang dipercaya memiliki daya magis yang tinggi, dan kegunaan yang bermacam-macam tergantung tujuan dari sang empu atau pembuat keris tersebut.

Biasanya sang empu membuata keris berdasarkan pesanan yang tergambar jelas peruntukannya.

Ada orang yang memesan keris dengan tujuan untuk senjata yang ampuh dan mematikan. Tentu saja sang empu dengan segala kemampuannya membuat keris yang tangguh dan dibekali dengan kekuatan magis yang tinggi dalam hal ilmu kanuragan.
Ada pula orang yang memesan keris dengan tujuan lain, maka tuahnya pun akan lain bisa sebagai pendongkrak kewibawaan, pengasihan, bahkan pengobatan berbagai penyakit.

Selain dari itu karakter keris yang dibuat di daerah yang satu dengan yang lain tentunya akan berbeda baik bentuk maupun daya kekuatan magis yang terkandung.

Keris yang dibuat oleh empu yang berasal dari Jawa Timur kemampuan nya akan berbeda dengan yang dibuat di Jawa Tengah, karena pada Jamannya keris kebanyakan digunakan sebagai senjata yang bisa mengalahkan lawan dengan berbagai jenis keilmuannya, sehingga kemampuan daya magis yang di miliki oleh keris sudah pasti berbeda baik dari sisi kekuatannya maupun tingkatannya.

Sobat Media sekian dulu ulasan mengenai awal keberadaan keris dikalangan masyarakat Indonesia, sampai jumpa dilain kesempatan
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger