Home » » Cara Alami Membersihkan Air

Cara Alami Membersihkan Air

cara alami membersihkan air
Sobat Media -  Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Tanpa adanya air sudah pasti kita kehiupan dimuka bumi ini akan musnah.
Tapi yang perlu diketahui dan disadari bersama bahwa tidak semua air itu bersih dan sehat. Dengan menggunakan air yang tidak bersih maka akan timbul masalah terhadap kesehatan kita sendiri. Terkadang air yang terlihat jernih sekalipun tidak selamanya sehat dan bisa di konsumsi.

Prinsip dasar dari air ada yang mengatakan bahwa “ Air bersih belum tentu air minum, tapi air minum sudah pasti bersih “

Yang jadi masalah adalah kesulitan air bersih menjadi kesulitan di berbagai wilayah Negara kita, banyak program pemerintah diselenggarakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih.

Terkadang kita memiliki sumber air yang melimpah tapi tidak bisa digunakan karena airnya tidak jernih alias keruh.

Sobat Media, jika kita mengalami masalah seperti itu tidak perlu berkecil hati, karena mencukupi kebutuhan air lebih sulit dari pada membersihkan air.

Langkah yang perlu kita lakukan ketika akan membersihkan air secara alami.

                Membersihkan air dengan tawas

cara alami membersihkan air
Tawas merupakan salah satu bahan kimia dalam bentuk kristal yang dapat dengan mudah larut ke dalam air. Ada sebagian orang yang menganggap tawas sama dengan kaporit, padahal menurut jenis dan fungsinya tawas dengan kaporit itu jelas berbeda.

Tawas termasuk ke dalam kelompok penjernih air, sedangkan kaporit berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang terkandung dalam air.

Cara membersihkan air dengan tawas sangatlah mudah hanya mencampurkan atau memasukkan tawas kedalam bak penampungan air atau sumur.

Komposisi tawas yang tepat untuk menjernihkan air adalah 3 – 4 sendok makan setiap 1000 liter air.
Kalau air yang sangat keruh dan berlumpur maka tawas yang dibutuhkan sekitar 5 – 8 sendok makan setiap 1000 liter air. Jika kadar tawas terlalu banyak maka rasa air akan sedikit berubah menjadi sepet, dan jika terlalu sedikit maka proses penjernihan air akan sedikit lambat.

Caranya bisa langsung mencampurkan dengan air atau dengan cara membungkuns tawas dengan kain yang kemudian di celupkan kedalam bak penampungan air dan tunggu sekitar 30 menit maka kotoran akan mengendap karena terikat oleh tawas.

                Membersihkan air dengan Arang

cara alami membersihkan air
Arang Kelapa memiliki kandungan karbon aktif yang efektif mengikat kotoran sehingga dapat membuat air sumur menjadi jernih. 

Cara efektif menjernihkan air didalam sumur menggunakan arang tempurung kelapa ialah dengan membungkus arang tersebut menggunakan kain, lalu dimasukan ke dalam sumur. Sama halnya seperti menjernihkan air menggunakan tawas,

Anda harus menyesuaikan jumlah arang tempurung kelapa dengan kedalaman sumur dan tingkat kotornya air sumur.

Selain untuk menjernihkan air, arang juga berfungsi sebagai penetralisir bakteri yang terkandung dalam air.


Sobat Media itulah cara alami membersihkan air, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger