Home » » Fakta Unik Tentang Bayi

Fakta Unik Tentang Bayi

fakta unik tentang bayi
Sobat Media – Kehairan seorang bayi tentu saja menjadi kebahagiaan yang tidak bisa tergambarkan. Setiap orang tua yang memiliki bayi akan melakukan berbagai hal agar bayi mereka bisa selamat, sehat, dan tumbuh menjadi besar dan kelak menjadi manusia dewasa yang baik.
Sebagai orang tua  kita harus tahu dan bisa memahami keadaan sang buah hati, karena tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan rasa risau, ketika kita melihat gelagat yang terlihat aneh dimata kita padahal itu merupakan kebiasaan atau lumrah yang dilakukan oleh bayi.

Sebagai manusia yang baru lahir tentu sang bayi memiliki banyak keterbatasan, dia hanya bisa menangis dan tertidur, untuk sekedar menggerakkan anggota tubuhnya pun terkadang sangat kesulitan

Untuk itu sebaiknya kita simak beberapa fakta unik dan menarik tentang bayi kita

Setiap bayi yang lahir memiliki tanda lahir
Diakui atau tidak semua bayi memiliki tanda lahir, meskipun terkadang sang ibu tidak menyadari hal tersebut. Coba teliti setiap bagian dari tubuh bayi kita maka kita akan menemukan tanda lahir. Setelah usia beranjak mencapai 3 tahun tanda lahir tersebut akan menghilang pada sebaian orang da nada yang teteap ada bahkan melebar.

Pada awal keberadaannya bayi akan menangis tanpa air mata. Jika bayi baru lahir menangis tanpa air mata, karena kelenjar air mata belum terbentuk dan berkembang degan sempurna sampai 2-3 minggu. Setelah mencapai usia tersebut barulah sang bayi akan menangis dengan linangan air mata

Ketika bayi lahir dia memiliki 350 ruas tulang dan ketika beranjak dewasa akan berkurang menjadi 250 ruas karena beberapa tulang akan menyatu seiring dengan pertumbuhannya. Hal ini disebabkan karena struktur tulang bayi masih lunak dan keadaan terpisah.

Setiap bayi yang lahir tidak memiliki tempurung lutut tapi dia hanya memiliki kartilagopada bagian lututnya, hingga kemudian akan benar-benar terbentuk pada usia 6 bulan.

Pola tidur bayi sangat jauh berbeda dengan manusia dewasa, hal ini disebabkan karena bayi mampu tidur dalam jangka waktu 18 – 22 jam sehari, jadi jangan heran kalau bayi kita hanya tertidur dalam waktu yang sangat lama.

Setiap bayi akan sulit menggerakkan bagian kepala, hal ini disebabkan karena berat kepala bayi itu setara denga sepertiga dari berat badannya. Dengan struktur tulang yang belum terbentuk dengan sempurna akan membuatnya sulit untuk menganggat kepalanya.

Memiliki gerakan spontanitas atau reflek, terkadang kita melihat bayi kita terkejut dan bergerak layaknya seorang petinju atau gerakan menghisap dan gerakkan-gerakan ringan yang lainnya. Gerakan reflek ini akan membantu bayi untuk menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

Setiap bayi pasti mengalami menangis keras tanpa alasan, karena hal itulah yang bisa mereka lakukan. Hal seperti ini sangat lumrah pada bayi dan jangan panik. Jika bayi menangis keras secara tiba-tiba itu menandakan dia serang mengalami kebosanan. Bawalah dia sekedar berjalan didalam rumah atau memberikan suasana baru denngan mendengarkan bunyi-bunyian.

Bayi akan mampu mengenali setiap lagu yang dia dengarkan saat alam kandungan, maka ketika bayikita rewel sebaiknya ia diperdengarkan lagu atau bunyi-bunyian yang biasa dia dengarkan saat dalam kandungan.

Pada awal kelahirannya bayi hanya akan mengenali suara ibunya sehingga dia hanya akan cepat merespon pada suara ibunya ketimbang orang lain, baru setelan berusia 14 hari ia akan bisa mengenali sura ayahnya.


Sobat media sebenarnya, selain daripada yang tertulis diatas masih banyak fakta unik tentang bayi, tapi sekian dulu yang bisa disampaikan, sampai jumpa dilain kesempatan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger